Tuesday, December 08, 2009

Write Something or Die Regretting

Tahukah Anda apa jadinya dunia tanpa buku? Kehidupan yang sunyi sepi, penuh dengan orang-orang bodoh dan katro, serta tidak adanya sebentuk ritual tidur yang ilmiah (baca: tidur berbantalkan diktat kuliah dan buku-buku referensi tebal). Dan apakah ada sebuah buku jika tak ada orang yang mau dan mampu menulisnya? Tentu saja jawabannya tidak, never, mboten, dan nehi.

Jadi secara singkat, menulis adalah aktifitas ilmiah, mencerahkan manusia, menggerakkan dunia, sarana olahraga otak, dan yang pasti -menurut saya-….. keren!

Kenapa?

Memanjangkan Usia

Sejarah dunia telah mencatat jutaan nama manusia dalam memorinya. Ada yang melintas dan tetap mengorbit dalam kurun yang panjang, ada juga yang melintas sekelebat lalu sirna ilang kertaning bumi. Hilang tanpa bekas noda.

Tahukah Anda lewat apakah Ibnu Khaldun, Ibnu Batutah, dan Charles Darwin tetap tercatat dalam sejarah dunia? Ibnu Khaldun terkenal lewat mahakarya ilmiahnya, al-Muqaddimah, yang untuk pertama kalinya membahas tuntas masalah demorafi, sejarah budaya, filsafat sejarah, dan sosiologi. Lewat karyanya inilah dia dikenal sebagai pionir dalam bidang ilmu ekonomi modern. Lain halnya dengan Ibnu Batutah. Kisah perjalanan panjang petualang Muslim ini dikenal serta dikagumi oleh dunia melalui bukunya, Rihlah, yang membuat namanya abadi dalam sejarah manusia. Akan halnya degan Charles Darwin, peletak dasar teori evolusi ini juga abadi namanya lewat buah tangannya yan terkenal, On the Origin of Species.

Itulah orang-orang yang panjang umurnya. Kisah dan kiprah mereka etap hidup dalam sejarah dan memori kolektif umat manusia; bahkan jauh setelah jasadnya beristirahat tenang di pemakaman.

Anda Punya Idealisme? Sebarkan!

Setiap orang pasti memiliki pendapat tentang apa-apa yang dianggap baik, buruk, bersih, jorok, benar, dan salah. Dan setiap orag pasti suka jika ada orang lain yang memiliki pendapat yang serupa. Oleh karenanya, orang-orang selalu berusaha menyebarkan idealismenya ke seluruh penjuru mata angin.

Das Kapital-nya Karl Marx sempat membuat setengah penduduk bumi menjadi komunis. Karya Adolf Hitler, Mein Kampf, sudah diterjemahkan dan bisa ditelaah oleh orang Indonesia. Dan Robert Kiyosaki berhasil mengubah cara pandang orang terhadap uang lewat bukunya, Rich Dad Poor Dad.

Jadi, jika Anda suka dengan lingkungan yang bersih dan membenci orang-orag yang suka membuang sampah sembarangan; maka menulislah sesuatu sekarang juga!

Warisan untuk Anak Cucu

Tidak ada manusia yang hidup selamanya. Jalur hidup setiap insan pasti akan berakhir di garis ajal. Dan tidak ada cara yang lebih elegan -menurut saya- untuk meninggalkan kehidupan dunia, melainkan setelah meninggalkan jejak keberadaan kita kepada manusia yang datang dan hidup setelah kita.

Setiap manusia adalah individu yang unik karena masing-masing mereka memiliki pemikiran, sikap dan pendirian, serta kisah hidup yang benar-benar berbeda. Adalah hal yang luar biasa jika hal-hal tersebut dipublikasikan dan dikenal oleh dunia. Maka lewat tulisanlah, Anda bisa dikenang bahkan menginspirasi generasi mendatang untuk berbuat hal-hal yang positif.

Penutup

Jadi tunggu apa lagi? Menulislah sekarang juga..... atau Anda akan menyesal jika tidak melakukannya.

No comments: