Wednesday, April 21, 2010

Belajar SketchUp: Edisi Baiti Jannati (Bagian 2)

Alhamdulillah, sekarang sudah masuk ke bagian 2. Disini lebih banyak dikupas tentang pembuatan aksesoris di bagian eksterior rumah. Ada banyak detail-detail sederhana yang harus dibuat sehingga yang lebih banyak disorot adalah spesifikasi dan ukuran-ukuran bangunnya; dan sedikit saja menyentuh teknis pembuatan model 3D-nya.


Let's enjoy the second phase. Bon Appétit...


1. Untuk memudahkan proses pembuatan lantai pada interior rumah, gunakan tool “Section Plane” yang diletakkan sejajar dengan permukaan tanah setinggi kira-kira “20cm”.





2. Buat sebuah bidang 2 dimensi pada bagian bawah rumah dengan cara membuat sebuah garis yang menghubungkan 2 titik pojok rumah yang saling bersebelahan. Kemudian dengan menggunakan tool “Push/Pull” tarik bidang tersebut ke atas setinggi lantai teras yang sudah dibuat pada Fase 1 yang lalu.



3. Hilangkan tool “Section Plane”. Sekarang kita akan membuat kusen untuk pintu depan dengan ukuran seperti pada gambar di samping. Untuk melubangi dinding, gunakan tool “Push/Pull” dan dorong masuk bidang pintu sejauh tebal dinding (11cm).



4. Berikutnya adalah membuat kusen untuk jendela depan dengan spesifikasi seperti pada gambar di bawah.



5. Kusen yang sama juga dibuat di dinding samping rumah. Pertama berjarak 130cm dari dinding depan.



6. Sedangkan kusen samping yang kedua berjarak 201cm dari kusen pertama.



7. Dan kusen untuk pintu serta jendela belakang berjarak 120cm dari kusen kedua, namun dengan spesifikasi yang berbeda. Sebagaimana terlihat dari gambar di bawah.



8. Di muka depan sebelah kanan, juga dibuat kusen jendela dengan spesifikasi seperti pada gambar di bawah.



9. Lubangi semua kusen dengan menggunakan tool “Push/Pull”.



10. Di atas ketiga kusen jendela yang memiliki spesifikasi sama, buat bentuk kotak berukuran “135cm,15cm” dengan posisi sejajar dengan kusen berada 10cm di atas lubang angin. Tarik keluar kotak tersebut dengan tool “Push/Pull” sejauh “60cm”.



11. Tarik keluar atap samping kiri rumah dengan tool “Push/Pull” sejauh “50cm”.



12. Di bawah tempat pertemuan antara atap tengah dengan atap belakang, buat sebuah kotak dengan ukuran seperti pada gambar di samping dengan menggunakan tool “Line”.



13. Dengan bantuan tool “Follow Me”, beberapa garis sebagai jalurnya dan sebuah lingkaran sebagai bidangnya, buat pipa pembuangan air seperti pada gambar di bawah.



Hasil akhir:




No comments: